SMA Negeri 1 Kelapa Ikut Melaksanakan ANBK Tahun 2022


SMA Negeri 1 Kelapa melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Rabu – Kamis (31/8-1/9). Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu.  Pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi-online. Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

SMA Negeri 1 Kelapa sebagai salah satu sekolah pada tingkat satuan pendidikan menengah melaksanakan ANBK, yang dilaksanakan dalam 2 sesi dan diikuti oleh 45 peserta utama dari kelas XI dan 5 peserta cadangan. Pelaksanaan ANBK melibatkan 1 proktor, 1 teknisi dan 1 pengawas yang berasal dari SMK Negeri 1 Kelapa.

Berdasarkan keterangan dari salah satu tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Kelapa Raka Pradana, bahwa ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evaluasi  pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa. Kedua, survei karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Ketiga, survei lingkungan belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

"Alhamdulillah pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 1 Kelapa berjalan dengan lancar, aman,  dan sukses. Untuk pelaksanaan ANBK Gelombang 1 sebenarnya dilaksanakan pada tanggal 29 -30 Agustus 2022, sementara SMA Negeri 1 Kelapa disini mengikuti pelaksanaan ANBK Gelombang ke 2 yakni pada tanggal 31 Agustus sampai 1 September 2022. Sebelum pelaksanaan ANBK ini terdapat beberapa persiapan yang telah kami lakukan seperti bimbingan ANBK, sosialisasi kepada orangtua dari peserta ANBK, dan simulasi ANBK. Dari pelaksanaan ANBK ini kami berharap bisa memperoleh hasil yang maksimal dan memberi gambaran kondisi riil SMA Negeri 1 Kelapa sesuai dengan tujuan pelaksanaan ANBK", imbuh Aris Minarni selaku waka kurikulum SMA Negeri 1 Kelapa.