Kompetisi Sains Nasional SMA Negeri 1 Kelapa Tahun 2021 Berjalan Lancar

Tahun 2021 ini, pemerintah melalui Kemendikbud mengadakan kembali Kompetisi Sains Nasional (KSN) secara daring untuk jenjang SMA. Masing-masing sekolah mengirim para peserta didiknya untuk mengikuti lomba tersebut tidak terkecuali SMA Negeri 1 Kelapa. Sebanyak 27 Peserta Didik dipersiapkan untuk mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) tersebut yang terlaksana pada tanggal 03 – 04 Juni 2021.

Selama dua bulan para peserta KSN dibina oleh Pembina yang tak lain adalah guru maple sesuai dengan bidang yang di kompetisikan. Setiap pembinaan dilakukan selama dua pertemuan per minggu. “Para peserta betul-betul saya gembleng baik secara materi ataupun secara mental agar mereka siap. Persiapan mental sangat diperlukan agar mereka percaya diri dan memiliki keyakinan bahwa mereka bisa,” tutur Tri Rahmasari, S.Pd selaku Pembina KSN untuk Bidang Kimia.

Pada tanggal yang telah ditentukan, KSN dilakukan secara daring yang bertempat di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Kelapa. Raka Pradana, S.Pd. selaku proktor sekolah menyampaikan tidak ada kendala yang berarti pada saat pelaksanaan KSN terkait masalah teknis dari pihak sekolah, hanya saja kendala proses pendaftaran yang terjadi dari pihak provinsi, namun telah tertangani dengan baik. Untuk pelaksanaanya, pengawas KSN didatangkan dari SMA Nurul Huda Tempilang untuk mencegajh terjadinya kecurangan saat pengerjaan ujian.

Setelah selesai mengerjakan soal KSN, beberapa siswa mengaku puas karena telah berusaha, namun tetap merasa cemas dengan hasilnya. “Saya telah berusaha semaksimal mungkin, dan senang karena telah mengikuti KSN ini. Kalau untuk hasil, saya kurang tahu karena banyak soal yang tingkat kesulitannya luar biasa. Saya takut, tetapi harus pasrah,” tutur salah seorang siswa peserta KSN.

Dra. Aris Minarni, selaku Ketua KSN SMA Negeri 1 Kelapa berharap beberapa siswa akan lolos ke tahap selanjutnya untuk KSN tahun ini. Beliau juga menuturkan bahwa SMA Negeri 1 Kelapa berkomitmen untuk membina siswa semaksimal mungkin untuk KSN yang terus diadakan setiap tahun. “Semoga tahun ini ada siswa yang lolos seperti tahun-tahun sebelumnya.”